Monday, June 7, 2010

SNI sebuah catatan

Pelatihan sni yang didakan oleh tda semarang dan bsni merupakan slah satu pelatihan yang paling menarik dan memusingkan bagi saya, menarik karena ingin tahu seperti apakah mahluk bernama sni itu, sehingga helm harus menggunakan sni, memusingkan karena banyaknya item yang harus dibuat untuk mencapai sni,

Karena pelatihan ini saya menjadi kagum kepada para pelaksana sni dan orang2 yang berjuang untuk menyebarkan semangat sni, pak budiraharjo, mas budi tda jakarta beliau salah satu pioner dalam dunia sni yang menyebarkan semangat tersebut.Oma ning hermanto merupakan salah satu anggota tda yang berhasil mencapai sni award, salut buat beliau :).


Kenapa harus sni ? kenapa bukan iso? kenapa harus memilki standar dalam bisnis? itu juga pertanyaan yang awalnya saya tanyakan pada diri saya dan para pengajar sni, dan ada beberapa hal yang menyadarkan akan kebodohan saya selama ini :
1.Dengan menggunakan standar maka produk terjamin
karena semua telah ditakar, seperti bahan baku, mutu bahan, sistem pembuatan sehinga kualitas akan selalu sama siapapun pembuatnya.
2.Dengan menggunakan standar maka konsumen merasa aman
konsumen akan merasa aman karena dengan standar mereka tidak merasa ditipu sehingga loyalitas konsumen akan terjaga dan meningkat.
3. Dengan menggunakan standar kredibilitas akan meningkat
karena semua tertakar dan tidak ad perbedaan maka kredibilita usaha bisa meningkat, sebanding dnegan tingkat kepercayaan user pada kita.
4.Dengan menggunakan standar kita akan mudah meneliti bila terjadi kesalahan pada bisnis kita
karena semua tercatat dan dan sesuai dengan intruksi kerja dan prosedur yang telah ditetapkan maka bila terjadi cacat produk atau kesalahn dapat teliti sesuai dengan protap yang telah dibuat.
5. masih banyak lagi ....   

Apakah sni hanya untuk produk saja apakah jasa juga harus memiliki sni?
semua bidang  usaha harus memiliki sni, bahkan jasa sekalipun, karena usaha jasa bila tidak memiliki alat ukur akan sangat berbahaya, dan bisa mengalami kolaps karena rendahnya mutu usaha ini pernah saya alami :( .

Berapa yang harus saya bayar untuk menjadikan usaha saya bersni?
Tergantung, kalo saya pribadi saya cukup copas dari situs www.bsn.go.id dan ambil yang sesuai dengan usaha kita, namun lebih valid bila anda menggunakan jasa konsultan yang ditunjuk oleh bsn ya, tentu saj dengan baiya yang tidak murah, namun yakinlah unag yang anda keluarkan bukanlah beban namun sebuah investasi (cerita dari beliau ada sebuah perusahaan kaca yang memiliki kompetitor yang cukup handal, hanya karena sertifikat sni banayk pelanggan kompetitor tersebut kabur ke perusahaan tersebut bahkan bisa menebus export ke spanyol :D )

always learn, grow and win :)

1 comment: